Jumat, 13 Januari 2012 | By: Carla Nueva

Aku Mencintai Kamu ( ich liebe dich )

Meski tidak bisa berbahasa Jerman, setidaknya banyak orang yang tahu arti kalimat tersebut di atas. Harus saya akui, kalimat dalam bahasa Jerman yang paling awal saya tahu ya "ich liebe dich" itu selain "Deutschland über alles".
Setelah belajar, baru kemudian tahu aturannya secara grammatik.

Yang perlu selalu diingat adalah, bahwa semua kata benda dalam bahasa Jerman dimulai dengan huruf besar terlepas dari posisinya dalam sebuah kalimat. Jadi kalau ditulis dengan L besar, Liebe berarti cinta, sementara dengan huruf l kecil, liebe berarti mencintai yang berasal dari stamm kata lieben (mencintai). Lalu berubah menjadi liebe karena mengikuti subjek ich.
Jadi urutannya adalah:
ich (saya) liebe
du (kamu) liebst
er/sie/es (he/she/it) liebt
wir (kami) lieben
ihr (kalian) liebt
sie (mereka) lieben.

Sementara untuk dich merupakan perubahan personal pronouns dalam bentuk akkusative.
Jika dalam bahasa Inggris, I bisa berubah menjadi me, atau he/she menjadi him/her, maka dalam bahasa jerman berlaku pula aturan serupa meskipun lebih rumit. Selain nominative (ich, du, er, sie, uzw), ada yang disebut akkusative, dativ dan genitive.

Kali ini, kita hanya akan melihatnya dalam bentuk akkusative:

ich menjadi mich
du menjadi dich
er, sie, es menjadi ihn, sie, es (yup, hanya er yang berubah).
wir menjadi uns
ihr menjadi euch
sie menjadi sie (alias tidak berubah).

Jadi kata liebe di atas bisa divariasikan sebagai berikut:

ich liebe dich: saya mencintai kamu
du liebst mich: kamu mencintai aku
liebst du mich?: (apakah) kamu mencintaiku?
er liebt sie: Dia Menciantai Kamu - he loves her
sie liebt ihn: Dia mencintai dia - she loves him

Kalau anda bingung kapan sie berarti she dan kapan berarti mereka, perhatikan kata kerja yang mengikuti. Jika ditulis "sie liebt..." maka itu berarti "she loves.." sementara jika ditulis "sie lieben.." maka itu berarti "they love.."

0 komentar:

Posting Komentar