Jumat, 13 Januari 2012 | By: Carla Nueva

Kata kerja Kausatif

Kata kerja Kausatif

Kata kerja Kausatif adalah kata kerja yang menyatakan perintah, bisa berarti menyuruh, memaksa, mempersilahkan, dsb.
Kata kerja Kausatif: to have, to get, to make, dan to let.
TO HAVE, rumus: S + have + O + V1 (aktif), S + have + O + V3 (pasif)

Contoh:
I will have my maid wash our dishes (saya akan menyuruh pembantu saya mencucikan piring kita)
She had us help her (Ia menyuruh kami untuk membantunya)
We had our car repaired (Kami menyuruh orang memperbaiki mobil kami) Secara harfiah: “Kami meminta mobil kami diperbaiki”
TO GET, rumus: S + get + O + V with to infinitive (aktif), S + get + O + V3 (pasif)
I will get my maid to wash our dishes (saya akan menyuruh pembantu saya mencucikan piring kita)
She got us to help her (Ia menyuruh kami untuk membantunya)
We got our car to be repaired (Kami menyuruh seseorang memperbaiki mobil kami). Secara harfiah: “Kami meminta mobil kami diperbaiki”
TO MAKE, rumus: S + make + O + V1(aktif)
Bentuk kausatif to make hanya ada dalam bentuk aktif. Secara umum bentuk to make lebih bersifat memaksa ketimbang to have atau to get.
He made her wife go (Ia memaksa istrinya untuk pergi)
I made my son got the doctor to come to my house (Saya menyuruh anak saya untuk memerintahkan dokter agar datang ke rumah saya)
TO LET, rumus: S + let + O + V1
The Prophet let his follower go to Medina (Rasul mengizinkan pengikutnya untuk pergi ke Madinah)

0 komentar:

Posting Komentar